New Media di Bidang Pendidikan, Sosial Media, Hiburan dan Informasi

New media via internet sekarang sudah marak, hampir semua bidang telah menggunakan new media sebagai sarana nya. Kali ini, kita akan membahas new media di bidang pendidikan, sosial media, hiburan dan informasi beserta dampak positif dan dampak negatif yang timbul.



new media dalam berbagai bidang

>> Bidang Pendidikan
WIKIPEDIA

Kebutuhan akan  perkembangan terbaru ilmu pendidikan yang terjadi di seluruh belahan dunia, membuat pelaku dalam dunia pendidikan baik pengajar, siswa ataupun pengembang pendidikan memerlukan new media dalam dunia pendidikan sebagai sarananya. Salah satunya adalah situs wikipedia. Wikipedia adalah ensiklopedia bebas yang menyediakan referensi yang paling besar, cepat berkembang dan populer di internet. Dengan fasilitas isi ensiklopedia dalam ragam bahasa, membuat wikipedia bisa diakses seluruh dunia dengan menyesuaikan bahasa yang ingin mereka pakai.

Kelebihan Wikipedia

Kelebihan yang jelas dimiliki oleh wikipedia adalah jumlah artikelnya yang jelas sangat banyak dan beragam. Seperti yang telah disebutkan di atas, salah satu kelebihan wikipedia lainnya database isi ensiklopedia dalam ragam bahasa yang mempermudah kita menyesuaikan bahasa sesuai yang kita mengerti. Selain itu wikipedia juga menyediakan referensi halaman yang berkaitan dengan pencarian yang tengah kita lakukan. Isi ensiklopedianya pun bisa dicopas (red-copy paste) dilakukan oleh siapa saja yang ingin mengutipnya. Tak hanya itu, setiap orang dapat memberikan kontribusi dalam memperbanyak artikel yang ada dalam wikipedia.

Kekurangan Wikipedia

Seiring adanya kelebihan ada pula kekurangan yang dimiliki oleh wikipedia. Setiap orang bisa berkontribusi untuk menambah kelengkapan artikel dari wikipedia membuat  pengarang tidak dikenal. Dalam mengisi artikel di wikipedia, tentu ada orang orang yang memang benar-benar ahli dalam menuliskan isi artikel itu, tapi wikipedia tidak memberikan keterangan penulis. Sehingga artikel yang telah dimuat seseorang di wikipedia seolah mengabaikan hak kepengarangan.

>> Bidang Sosial Media
MINDTALK

Bicara new media, hal yang langsung terlintas di benak adalah social media. Karena ini rasanya new media yang paling dekat dengan setiap orang, baik pelajar, karyawan, pengusaha, menteri bahkan presiden sekalipun. Banyak sosial media yang bermunculan belakangan ini, satu yang termasyhur adalah facebook, namun kali ini kita tidak akan bicara tentang facebook. Kali ini, kita akan membahas salah satu sosial media buatan anak negeri yaitu mindtalk. Mindtalk adalah social media baru yang berusaha mengambil kelebihan-kelebihan yang ada pada social media lain dan menutupi kekurangan mereka dengan feature yang mindtalk sediakan.

Kelebihan mindtalk

Mindtalk mengusung konsep interest graph, maksudnya adalah memberikan media bagi orang-orang yang memiliki minat dan hobi yang sama untuk bertemu dan bersosialisasi. Mindtalk berusaha menggabungkan social media dengan forum. Di forum yang paling unggul adalah searchable dan tidak akan hilang. Namun di forum tidak bisa mention seperti di twitter dan facebook, jadi mindtalk mengadopsi kelebihan forum ditambahi feature mention seperti di twitter dan facebook. Mindtalk juga sudah tersedia di mobile phone, sehingga makin mudah di akses oleh kita kapan pun dan dimana pun. Satu lagi kelebihan mindtalk, MADE IN INDONESIA :).

Kekurangan mindtalk

Sebagai sosial media baru, tampilan pada wall mindtalk, masih kurang akrab bagi pengguna baru mindtalk yang kebanyakan adalah pengguna facebook dan twitter. 

>> Bidang Hiburan

MIVO.TV

Dunia hiburan dalam newmedia banyak sekali, salah satunya mivo.tv sebagai situs tv online no.1 di Indonesia. Disini kita bisa menonton tv baik itu channel dalam negeri dan beberapa channel luar negeri. Yuk mari tengok kelebihan dan kekurangannya.

Kelebihan mivo.tv

Kelebihan mivo.tv jelas adalah membuat menonton tv itu lebih simple dan praktis. Channel yang disediakan pun beragam mulai dari channel swasta dalam negeri (RCTI, GLOBAL TV, TRANS TV, TRANS 7, TV ONE dan METRO TV) ataupun luar negeri. Dan menonton tv di mivo.tv asal akses internet yang kita miliki lancar tidak akan buffering.

Kekurangan mivo.tv

Sayangnya di mivo.tv tidak menyediakan jadwal tayang masing masing channel. Untuk channel swasta dalam negeri, mivo.tv tidak menyediakan channel MNC TV, INDOSIAR, ANTV dan SCTV.

>> Bidang Informasi
GOOGLE

Informasi, 2012 semua orang berebut untuk mendapatkan informasi terbaru. Google adalah salah satu new media dalam bidang informasi. Mempermudah setiap orang untuk mengakses informasi dimanapun dan kapanpun.

Kelebihan google

Google menyediakan berbagai informasi dengan berbagai feature informasi berupa gambar, peta, alamat web/blog, video, dokumen. Database yang besar, menyimpan banyak sekali informasi yang dibutuhkan oleh setiap orang. Dan google tentuMudah diakses setiap orang

Kekurangan google

Database yang besar, informasi yang luas, membuat setiap orang bisa mengaksesnya mengakibatkan anak kecil pun bisa mengakses informasi yang semestinya seperti pornografi dan lain-lain. 

sumber:

1 komentar:

ibrahim ajie mengatakan...

sama sama :)