Membuat Web

Aaaa jujur lagi males banget bikin tugas... Lagi banyak tugas lain, lagi banyak kegiatan diluar dan mulai sibuk ngajar lagi. Tapi tugas, coba tetep dikerjain deh. Liat blog punya bang dito aja yang simple. Bisa juga kunjungi langsung blog beliau di Ardira. Yooo, silahkan di baca :),

Kali ini kita akan coba membuat laman web yang free, karena cuma buat tugas not comersial.
Pertama, instal XAMPP dulu di PC. Perincian penginstallan xampp bisa di browse lebih lengkap di google.
Setelah diinstal, jalankan Apache dan MySql.



Setelah kedua program jalan, kita coba membuat web secara offline terlebih dahulu. Buatlah folder baru pada direktori c:/xampp/htdocs/xampp lalu paste di folder xampp dan rename sesuai keinginan. Buka index.html di notepad++. Di index ini adalah inti dari web yang kita buat. Buatlah index html sesuai keinginan.  Jika sudah selesai save di folder yang telah di rename tadi. Tampilan xampp akan seperti ini :


Sekarang, kita akan mengubahnya menjadi laman web online tapi free, daftar terlebih host mu di www.byethost.com pilih free hosting, ikuti prosedur berikutnya dari byethost. Konfirmasi email mu untuk memperoleh ftp dan url. Setelah dapat email konfirmasi jalankan filezilla mu dan masukkan username dan password lalu isi port dengan 21 atau 22.



Upload laman web offline mu menjadi laman web online dengan membuka direktori tempat folder xampp laman web offline disimpan lalu seret semua file yang ada ke ht docs server, maka akan secara otomatis semua data akan pindah ke server online. Contoh web yang telah dibuat Bang dito bisa diakses di http://ardira.byethost6.com tampilannya seperti ini : 



0 komentar: