One Day No Rice

        Sekarang  di depok ada program baru dari Pemerintah Kota Depok, yaitu One Day No Rice (ODNR). Kebijakan ini berlaku setiap hari selasa. Program ODNR  berjalan sejak 22 April 2012 lalu yang digagas oleh Walikota Depok, H. Nur Mahmudi Ismail. Sosialisasi program ini berjalan dengan baik, dengan adanya papan informasi yang berada di jalan utama Kota Depok, yaitu Jalan Margonda Raya dan Jalan Raya Bogor.



       Sebagaimana kita ketahui bersama sebagai konsumen beras tertinggi di dunia, Indonesia memiliki ketergantungan yang besar terhadap panganan pokok ini. Sementara Indonesia sendiri masih bergantung kepada Philipina dan Vietnam untuk cadangan beras nasional. Dari sinilah timbul kekhawatiran dari Pemerintah Kota Depok akan terjadinya kerawanan pangan di kalangan warganya. Apalagi melihat data yang menyebutkan bahwa produksi beras Kota Depok hanya sebesar 5220 ton per tahun, sedangkan konsumsi nya sebesar 186.026 ton per tahun. Dilatar belakangi fenomena tersebut, maka Pemerintah Kota Depok agresif menggalakkan ODNR, karena selain dinilai bisa menurunkan konsumsi beras sebagai makanan pokok masyarakat juga diharaapkan bisa mempercepat penganekaragaman produksi dan konsumsi pangan lainnya.


       Dengan diberlakukannya kebijakan ODNR setiap hari selasa bagi PNS (Pegawai Negeri Swasta) di lingkungan kantor Pemerintah Kota Depok, diharapkan gerakan ODNR ini bisa diikuti oleh masyarakat.


   Yuk ayuk.. buat yang tinggal di Kota Depok dan sekitarnya sukseskan program baru pemerintah ini. Untuk terwujudnya Ketahanan Pangan Nasional  O(≧∇≦)O

sumber : www.depok.go.id

0 komentar: